71 WBP Rutan Sawahlunto Menandatangani Pakta Integritas


METODE PENINGKATAN KETERTIBAN DAN KEAMANAN MELALUI PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS WBP RUTAN SAWAHLUNTO TAHUN 2016
Sikap tegas, bijaksana , berani dan disiplin Kepala Rumah Tahanan Sawahlunto,  patut diacungkan jempol. Hari ini kamis 11 Agustus 2016, Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan mengikrarkan diri, berjanji kepada dirinya dan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk menjadi insan yang beretika, bermoral dan berperilaku baik dilingkungan Rumah Tahanan Sawahlunto.  Berawal dari hampir munculnya perkelahian sesama narapidana. Secara cepat dan tanggap kepala Rutan Sawahlunto Langsung menginstruksikan petugas untuk mengumpulkan seluruh narapidana dan tahanan di ruang aula rutan. Dalam kesempatan tersebut kepala Rutan Sawahlunto, Bapak Suharno, SH.MH memberikan nasihat dan arahan kepada narapidana dan tahanan untuk mematuhi segala aturan yang berlaku sesuai dengan peraturan di lingkungan lapas, rutan dan cabang rutan. Tidak hanya itu, Karutan juga meminta seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan untuk menandatangani Pakta Integritas WBP. Ka. Rutan yang baru saja dilantik pada bulan Mei 2016 yang menggantikan Bapak Jasrial A.Md. IP. SH  ini membuat sejarah baru bagi Rutan Sawahlunto. Penandatanganan Pakta integritas WBP belum pernah ada di Rutan ini. Menurut Beliau, Pengikraran dan penandatanganan Pakta Integritas WBP merupakan salah Sebuah bentuk binaan bagi narapidana dan tahanan agar senantiasa mematuhi tata tertib di lingkungan rutan.



Pengikraran dan penandatanganan  di saksikan oleh seluruh petugas Rumah Tahanan Sawahlunto dan didokumentasikan.video pengikraran Pakta Integritas WBP  dapat dilihat disini


PAKTA INTEGRITAS
WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN
RUMAH TAHANAN NEGARA SAWAHLUNTO TAHUN 2016
          Pada hari ini Kamis tanggal 11 Agustus 2016 dengan ini saya berikhrar PAKTA INTEGRITAS disaksikan Tuhan Yang Maha Kuasa, Bahwa saya:
1.     Saya siap dan bersedia mentaati peraturan yang berlaku pada RUTAN SAWAHLUNTO
2.     Saya akan patuh dan taat untuk melaksanakan Catur Dharma Narapidana:
Ø Kami Narapidana berjanji menjadi manusia susila yang ber Pancasila dan menjadi manusia pembangunan yang aktif dan produktif.
Ø Kami Narapidana menyadari dan menyesali sepenuhnya perbuatan yang pernah kami lakukan , berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan yang melanggar hokum.
Ø Kami narapidana berjanji untuk memelihara tata karma dan tata tertib, melakukan perbuatan yang utama dan menjadi contoh tauladan dalam Lembaga Pemasyarakatan.
Ø Kami narapidana dengan tulus iklas bersedia menerima bimbingan , dorongan dan teguran serta patuh taat dan hormat kepada Petugas dan Pembimbing Pemasyarakatan.
3.     Saya patuh dan taat tidak akan menghasut dan atau membuat gaduh serta selalu menjaga ketenangan, ketertiban dan keamanan.
4.     Saya patuh dan taat tidak menggunakan handphone selain yang telah disediakan di WARTEL PAS
5.     Saya Patuh dan taat tidak akan melakukan penyalahgunaan Narkoba dan sejenisnya.
Demikian ikrar PAKTA INTEGRITAS ini saya buat dengan tulus dan ikhlas.
Selanjutnya jika saya ingkar, maka saya siap dan bersedia menerima segala bentuk hukuman baik fisik maupun non fisik serta sanksi administrasi hak-hak Warga binaan.

          Sawahlunto, 11 Agustus 2016
      Mengetahui
                      Kepala                                                             WBP
Rumah Tahanan Negara Sawahlunto                                  Yang Berikhrar     

          SUHARNO, SH. MH                                         ______________
    NIP. 19691208 199103 1 002

Saksi – Saksi

1.     Kepala Kesatuan Pengamanan                                 3. ________________
( Joni Aspul, SH)
2.     Staf Pelayanan Tahanan                                           4. ________________
(Ari Muzrahman)

Komentar