WOW , Seutas Tali Disulap Menjadi Tas Bernilai Jutaan Rupiah.

Rutan Sawahlunto Post Online,  Berita Mingguan, (3/09/2016).

KEREN .....!!!

Itulah kata yang pantas diucapkan untuk Ibu yang satu ini. Ibu yang kerap disapa dengan panggilan Umi ini mampu menciptakan kreatifitas yang luar biasa. Ditangan Beliau seutas tali disulam menjadi tas cantik bernilai ratusan ribu bahkan  mencapai jutaan rupiah.Satu tas cantik ini beromzet Rp.300.000 sampai 1 juta rupiah.  Sebenarnya yang membuat tas ini mahal adalah bahan-bahan bakunya.Bahanya yang harus dipesan dari jAKARTA atau Bali sehingga membuat biaya operasional menjadi naik. Bahan yang diperlukan untuk membuat tas ini adalah tali kur.

Kumpulan benang-benang yang dililit menjadi satu bagian utuh sehingga membentuk tali. Bahan lain yang diperlukan adalah asesoris-asesoris Seperti rantai tas, mainan kunci, dan sebagainya. Berbagai macam variasi yang dikembangkan Umi.Dengan berbagai macam  pernak-pernik untuk mempercantik tampilan tas.

Namun untuk membuat tas ini dibutuhkan keahlian khusus. Perlu keahlian  untuk membuat tas sulaman ini. Dan perlu waktu yang cukup lama untuk mengerjakan satu tas. Biasanya untuk membuat satu tas, memerlukan waktu paling cepat 2 hari dan paling lama satu minggu tergantung ukuran tas yang dibuat. ungkap Umi. Tas Sulaman ini juga  dibuat kalau ada pesanan dari pegawai rutan sawahlunto. Sudah sekitar 10 buah yang  terjual dan dipesan pegawai rutan sawahlunto.tambah Beliau.

Rencananya Rutan Sawahlunto akan mengadakan pelatihan pembuatan sulam tas dari tali kur ini .Kebetulan ada sekitar 4 orang narapidana dirutan sawahlunto yang siap mengembangakan produk antik ini. sesuai dengan moto rutan sawahlunto " Mempersiapkan Kehidupan Warga Binaan yang inovatif untuk menyongsong masa depanya".


Komentar