Kepala Rutan Sawahlunto datangkan Pelatih MARAWIS dari JAKARTA

Sawahlunto, Jumat 18 Januari 2019



Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sawahlunto, Bapak Subhan Malik mendatangkan pelatih MARAWIS ke RUTAN Sawahlunto.  Pelatih Marawis ini didatangkan langsung dari Jakarta. Begitulah bentuk kecintaan Beliau terhadap kesenian Betawi sampai-sampai pelatihnya  didatangkan jauh. Bapak yang baru dilantik sebagai Kepala Rutan Sawahlunto ini sebenarnya sudah lama memiliki keinginan untuk memberikan pelatihan kesenian MARAWIS kepada Warga Binaan Rutan Sawahlunto, Dulu waktu menjabat sebagai Kepala Pengamanan Lapas Lubuk Linggau, Beliaupun juga memberikan pelatihan  kesenian MARAWIS ini. Pertunjukan Pentas nya dilakukan pada saat acara besar seperti pada saat acara Pemberian Remisi Hari Ulang Tahun  Kemerdekaan R.I Tahun 2018 lalu  dimana pada saat itu Pertunjukan seni MARAWIS tersebut  membuat decak kagum orang-orang yang menonton. Begitu indahnya kesenian lokal adat betawi tersebut.


Hal ini yang menjadi dasar bagaimana kelompok MARAWIS juga tumbuh di RUTAN Sawahlunto. 
Untuk Menjaga kearifan lokal ini tentunya harus dikembangkan dan dilestarikan. Apalagi kesenian MARAWIS memiliki unsur agama islam yang kental.  lirik lagu yang dibawakan  merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta, ALLAH SWT dan Kepada Rasulullah SAW. A
Semoga dengan terbentuknya kelompok MARAWIS di RUTAN Sawahlunto Bisa Menimbulkan kesadaran untuk menjadi manusia yang baik. beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT , tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum dan agama.



Komentar