TIM MARAWIS Warga Binaan Rutan Sawahlunto masuk 6 BESAR

 



Padang, InfoPublik - Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Sawahlunto yang tergabung dalam D'Fathuns, tampil memukau saat menampilkan kesenian Marawis.

Penampilan para napi tersebut dalam rangka ikut ambil bagian dalam Festival Komposisi Musik Tahun 2020 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, di Padang, Minggu (6/9/2020).

Kepala Rutan Sawahlunto, Subhan Malik mengatakan keberadaan D'Fathuns merupakan salah satu program binaan Rutan sejak dua tahun terakhir.

"Kita memberikan pelatihan kesenian, khususnya seni tradisional kepada WBP. D'Fathuns juga beberapa kali diundang untuk mengisi acara-acara seperti Swimfest (Sawahlunto Music Festival) dan acara besar laiinya," ujarnya.

Untuk tenaga pelatih, menurut Ka Rutan, pihak Rutan mendapat dukungan dari para penggiat kesenian di Sawahlunto.

Kita rutin mengadakan latihan, WBP kita kolaborasikan dengan petugas Rutan sehingga melalui kegiatan tersebut terjalin komunikasi yang baik antara petugas dan WBP. Kita harapkan upaya ini juga dapat menciptakan suasana yang kondusif di Rutan

Sementara Kakanwilkumham Sumatera Barat, Suharman mengapresiasi penampilan WBP Rutan Sawahlunto.

"Kita mendukung program pengembangan seni di Rutan Sawahlunto. Ini membuktikan kalau upaya pembinaan terhadap kita lakukan dengan berbagai upaya, salah satunya melalu kesenian," ujarnya.

Kepala Seksi Pameran dan Pagelaran Dinas Kebudayaan Sumbar, Sexry Budiman mengatakan, Festival Komposisi Musik ini merupakan agenda tahunan yang diadakan Dinas Kebudayaan.

Penampilan WBP sendiri menurut Sexry, merupakan yang pertama sejak kegiatan ini diadakan di tahun 1980.

Untuk tahun ini, kegiatan diikuti oleh 15 tim peserta dari 86 peserta yang mendaftar. "Ada 86 video yang dikirim ke panitia, dari jumlah tersebut kita seleksi dan terpilih 15 grup yang akan menunjukkan kemampuannya," terang musisi terkenal Sumatera Barat tersebut

Untuk kriteria penilaian menurut Sexry, dititik beratkan pada kompisisi musik dan dasar garapan yakni musik yang digarap betul-betul berasal dari musik tradisional. (MC Padang/RA/Irwan Rais/toeb).


klk disini  untuk melihat video marawis

Komentar